728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 05 Januari 2017

Wibraga Out Bond dengan Kerbau

   Pada hari Selasa, 1 November 2016 SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, mengadakan out bond untuk kelas 1 dan 2. SD wibraga memang sering mengadakan out bond. Sebenarnya kegiatan out bond bertujuan mengenalkan anak-anak ke permainan sederhana. Dari pihak sekolah sendiri kegiatan out bond ini sudah dipersiapkan saat rapat kerja. Tetapi baru dilaksanakan pada tanggal ini karena tempat untuk out bond sering disewa oleh sekolah lain juga.

   Banyak hal yang dipersiapkan oleh sekolah, misalnya menyewa tempat, menyewa bis, peralatan kesehatan, dll. Tempat yang disewa untuk out bond yaitu di Karang Asri, Sleman. Sematara bis yang disewa ada 5 bis ber-ac. Peserta out bond ada sekitar 280 anak.Setiap peserta mengunakan baju olahraga.

Waktu menunjukan pukul 07.00, anak-anak dipersiapkan oleh wali kelas masing-masing untuk membuat barisan. Anak-anak mulai memasuki bis pada pukul 07.45. Setelah semua anak sudah memasuki bis, anak-anak berdo'a terlebih dahulu supaya diberi kelancaran dalam melaksanakan kegiatan, dan juga keselamatan. Bis berangkat bersama dan anak-anak senang dan bernyanyi saat perjalanan.

Anak-anak sampai di Karang Asri sekitar pukul 09.00. Kemudian anak-anak dibariskan sesuai dengan kelasnya masing-masing, dan setelah semua itu selesai mereka meletakkan tas sesuai dengan kelas mereka. Lalu anak-anak berkumpul di lapangan yang ada di Karang Asri.

Di lapangan anak-anak pemanasan terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan permainan sesuai kelas mereka masing-masing. Permaianan itu adalah membajak sawah, menaiki kerbau, menyebrang sunagi, rintangan halilitar, memasukkan bola ke ranjang, dll.

Tidak diduga waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 anak-anak langsung melanjutkan permainan terakhir mereka yaitu menangkap ikan. Banyak anak yang bisa mendapatkan ikan lebih dari 2. Ikan yang mereka dapatkan diletakan di sebuah plastik yang diberikan oleh panitia. Saat pukul 12.00 mereka selesai menangkap ikan lalu mereka membersihkan diri di kamar mandi yang berbeda. Selesai membersihkan diri, anak anak di himbau untuk shalat      dhuhur berjamaah bersama dengan guru.

Selesai shalat dhuhur dilanjut dengan makan siang bersama. Menu yang dihidangkan adalah soto, ikan bakar, dll. Hampir seluruh anak makan dengan lahap. Selesai makan anak-anak dihimbau untuk istirahat dan membereskan barang-barang yang tadi mereka bawa supaya tidak tertinggal.

Makan bersama sudah selesai maka sekarang adalah waktunya untuk pulang ke sekolah yang sudah dipenuhi para wali murid. Saat perjalanan, cuaca sedang hujan deras, bagaimanapun juga itu adalah pemberian dari Allah SWT. Sesampainya di sekolah, anak-anak sudah ditunggu kehadirannya oleh orang tua masing-masing. Mungkin hari itu adalah hari yang melelahkan dan membuat kita terlalu lelah, namun itu semua sangatlah menyenangkan. Semoga dengan adanya out bond  ini para siswa lebih dapat bergotong-royong dan saling menghargai.


HJTA,NBL,AMD,NYA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Wibraga Out Bond dengan Kerbau Rating: 5 Reviewed By: Rani Depe